SukmaBola – Langkah kaki Maruarar Sirait tidak pernah lelah. Bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, kakinya melaju ke Istana Kepresidenan untuk menghadap Presiden Jokowi. Sim salabim! Maka jadilah Piala Presiden 2024.

Ayunan kaki Ara, panggilan akrab Maruarar pun tidak kunjung surut. Dagangan-dagangan usaha mikro, kecil, dam menengah (UMKM) menjadi tujuannya. Ia hendak memastikan bahwa lapak-lapak jualan masyarakat turut terimbas positif dari Piala Presiden 2024.

Yang pertama dipastikan Ara adalah pendanaan Piala Presiden 2024 bersih dari uang negara, termasuk APBN, APBD, dan BUMN. Pemasukan murni dari swasta.

Raksasa-raksasa di dunia bisnis digandeng untuk menggerakkan Piala Presiden 2024. Mulai dari Astra, Sinar Mas, Adaro Group, Agung Sedayu Group, hingga Elang Mahkota Tekologi (Emtek) Group sebagai official broadcaster Piala Presiden 2024.

Hingga babak semifinal, total pendapatan mencapai Rp79 miliar. Jumlah ini meningkat drastis dari pengumuman sebelumnya; Rp48 miliar ketika konferensi pers Piala Presiden 2024 pada 15 Juli 2024 dan Rp68 miliar dalam upacara pembukaan pada empat hari berselang.

Seiring dengan semakin banyaknya sponsor Piala Presiden 2024, jumlah hadiah juga ditambah masing-masing Rp250 juta untuk setiap kategori. Juara akan menerima Rp5,25 miliar, runner-up Rp2,75 miliar, peringkat ketiga Rp1,75 miliar, dan posisi keempat Rp1,25 miliar.

“Saya meminta maaf atas komitmen saya soal hadiah juara Piala Presiden 2024. Hadiah juara yang awalnya Rp5 miliar harus saya naikkan Rp250 juta. Jadi total hadiah juara menjadi Rp5,25 miliar. Untuk peringkat kedua, ketiga, dan keempat begitu juga. Semuanya saya naikkan Rp250 juta,” ujar Ara.

“Kenaikan hadiah juara ini terpaksa saya naikkan karena jumlah total sponsor yang juga bertambah. Dari awalnya Rp48 miliar naik menjadi Rp68 miliar di pengumuman kedua, dan kini bisa saya pastikan jumlah total sponsor kembali bertambah menjadi Rp79 miliar,” kata pria yang juga politikus Partai Gerindra tersebut.

Maruarar Sirait dan Erick Thohir, Motor Piala Presiden 2024

Ara menyelamatkan Piala Presiden 2024 yang semula sempat tidak akan digelar karena keterbatasan stadion dan mepetnya waktu menjelang Liga 1 2024/2025 yang bakal dimulai pada 9 Agustus 2024.

Pada 10 Juli 2024, Ara dengan Erick Thohir datang ke Istana Kepresidenan untuk meminta lampu hijau dari Jokowi bahwa Piala Presiden 2024 tetap akan berlangsung demi mengakomodasi keinginan banyak klub.

“Kami diterima dan arahan Pak Presiden jelas bagaimana sepak bola di bawah pimpinan Pak Erick Thohir sudah menunjukkan prestasi luar biasa dan transparansi yang dilakukan,” ungkap Ara.

“Bagaimana Piala Presiden 2024 juga menjadi transparansi. Tidak ada uang BUMN, APBN, maupun APBD tetapi semuanya dari sponsor dan swasta. Karena kami ingin membangun industri olahraga,” lanjutnya.

Ara juga kembali mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, yang jika ditotal sejak 2015, telah enam kali amanah itu diembannya dengan penuh tanggung jawab.

“Piala Presiden 2024 diaudit oleh PwC yang sangat kredibel dan kelasnya internasional. Sehingga Indonesia akan semakin dipercaya dunia di kancah olahraga. Juga tidak ada pengaturan skor dan menjunjung tinggi sportivitas,” ucap Ara.

Presiden Jokowi Menjadi Saksi

Delapan tim terpilih untuk bersaing memperebutkan turnamen pramusim paling bergengsi di Indonesia ini; Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar, Persis Solo, Persija Jakarta, Bali United, Arema FC, dan Madura United.

“Ada tiga klub yang selalu ikut berpartisipasi. Karena ini judulnya Piala Presiden, maka klub itu harus berpartisipasi,” ujar anggota SC, Ferry Paulus mengenai partisipasi Persib, Persija, dan Arema FC di Piala Presiden 2024.

“Ada Persib, Persija, dan Arema FC. Piala Presiden juga memiliki tiga tuan rumah, Persib, Persis, dan Bali United. Ada empat peserta lagi yang ikut, dengan pemilihannya dari peserta turnamen antarklub Asia, itu ada Madura United, Persib, PSM, dan Borneo FC,” ungkap Ferry.

Untuk pertama kalinya, video assistant referee (VAR) juga diterapkan secara penuh di Piala Presiden setelah sebelumnya hanya digunakan saat babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24. Teknologi itu menjawab keresahan pencinta sepak bola Indonesia untuk membantu wasit mengambil keputusan.

Hampir 10 ribu pasang mata menjadi saksi pembukaan Piala Presiden 2024 yang disaksikan oleh Presiden Jokowi, Ibu Iriana Jokowi, Erick Thohir, Ara, hingga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo pada 19 Juli 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Tanggung Jawab Maruarar Sirait

Sebagai Ketua SC Piala Presiden 2024, tanggung jawab Ara bukan hanya di dalam lapangan, namun juga di luar lapangan. Satu per satu UMKM didatanginya. Baik di Kabupaten Bandung, venue Grup A Piala Presiden 2024 maupun Kabupaten Gianyar, Bali, tuan rumah Grup B Piala Presiden 2024.

Sepanjang Piala Presiden 2024, pria berumur 54 tahun ini tidak sungkan untuk bercengkerama bersama para stakeholder, penonton, hingga wartawan di warung kopi. Ia juga tidak segan untuk saling sapa dengan para pedagang.

“Kami mempunyai visi dan misi sosial dari Pak Presiden Jokowi, bagaimana UMKM bisa tumbuh. Saya sangat senang bisa menjalankan arahan Pak Jokowi. UMKM harus bahagia, senang, dan dagangannya semakin laku dari Piala Presiden 2024,” ungkap Ara.

“Sebelum dan setelah menonton mereka bisa makan dan minum. Jadi mereka seperti hiburan dengan keluarga. Mereka bisa menikmati ini seperti hiburan dengan suasana yang baik. Tentu ini membahagiakan mereka karena menurut saya, kits senang olahraga ini menjadi hiburan yang berkualitas,” tambahnya.

Penonton Televisi Melambung

Tahukah Bolaneters jika jumlah penonton televisi sangat melambung di Piala Presiden 2024? Sudah amat jelas kabar yang membanggakan ini perlu disebarluaskan kepada khalayak luas.

“Pada 29 Juli 2024, kami sudah melihat bahwa performa Piala Presiden 2024 sangat luar biasa. Ini merupakan yang terbaik sepanjang turnamen pramusim ini. Ketika babak semifinal, kalau kami lihat, persaingannya sangat ketat,” ucap Deputy Director Programming Indosiar, Ekin Gabriel Subakty.

“Karena pada saat yang bersamaan, ada bulutangkis di Olimpiade Paris 2024 dan juga bola voli. Namun, dari segi rating, ini paling tinggi selama penyelenggaraan, yakni 4,6 persen dan share-nya 18,9,” ujar Ekin.

“Angka 4,6 persen ini artinya persentase dari total penonton di Indonesia. Kalau 18,9 itu adalah jumlah penonton yang menyaksikan televisi. Jadi, ini memperlihatkan tayangan ini masih sangat kompetitif.”

“Padahal, pada saat yang sama ada bulutangkis dan AVC U-20 2024. Jadi, kalau dilihat 18,9 persen penonton pada hari tersebut menyaksikan pertandingan semifinal Piala Presiden 2024,” tambah Ekin.

Bentuk Kontribusi terhadap Masyarakat

Bentuk kontribusi Piala Presiden 2024 terhadap masyatakat juga dilakukan dengan cara menggelar kegiatan sosial di Solo pada Sabtu (3/8/2024). Piala Presiden 2024 Peduli, tajuk yang dipakai, memberikan paket 2 ribu sembako kepada warga.

Sejumlah bahan pokok itu terdiri dari 2,5 kilogram, gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan beberapa mie instan dibagikan untuk warga sekitar yang kurang mampu, anak-anak panti asuhan, warga berkebutuhan khusus, dan abdi dalem.

“Ini merupakan wujud terima kasih kami kepada Kota Solo, di mana Kota Solo digunakan sebagai tempat semifinal dan final Piala Presiden 2024,” tutur Ketua Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2024, Risha Adi Widjaya.

“Kegiatan sosial ini bukan hanya sebagai kegiatan pramusim bagi klub-klub, tetapi juga hiburan rakyat. Kami ingin masyarakat Solo ikut merasakannya,” imbuhnya.

Piala Presiden 2024 layak digambarkan sebagai wujud dari sinergi menyatukan perjuangan, persaingan, dan kebahagiaan. Karena pada hakikatnya, sepak bola adalah pemersatu bangsa.

HOT PROMO SUKMABOLA :

  • BONUS NEW MEMBER FREE SALDO 10k
  • BONUS NEW MEMBER 100%
  • BONUS DEPOSIT 10%
  • BONUS REBATE SABUNG AYAM 0.3%
  • BONUS REBATE SLOT 0.5%
  • BONUS REBATE LIVE CASINO 0.7%
  • BONUS CASHBACK SPORTBOOK 5%
  • BONUS CASHBACK SLOT GAMES 5%
  • BONUS REFFERAL 0.3%
    https://slotsilver1.co/register/W9L6B7GN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola