SUKMABOLA – MotoGP Indonesia akan kembali digelar di Sirkuit Mandalika, 27-29 September 2024. Fans balap Tanah Air pasti sudah tak sabar nonton. Namun, tahukah Bolaneters bahwa ada drama yang mendorong Dorna Sports kerja ekstra keras demi mengirim perlengkapan seluruh tim tepat waktu ke Lombok?

Dorna hanya punya waktu tiga hari untuk mewujudkannya. Pasalnya, seluruh perlengkapan ini dipakai terlebih dahulu dalam MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, 20-22 September 2024. Drama ini pun tak pelak lagi disebabkan oleh pembatalan MotoGP India dan Kazakhstan sekaligus.

Awalnya, Seri India dijadwalkan pada 20-22 September 2024, tetapi dibatalkan akibat keterbatasan biaya. Tanggal ini lalu diambil alih Kazakshtan. Namun, Seri Kazakhstan juga dibatalkan akibat infrastruktur yang belum siap. Misano, yang sudah menggelar Seri San Marino pada 6-8 September 2024 lalu, bersedia menggantikan.

Dorna Sports Bikin ‘Koreografi’ yang Efisien

MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez. (c) Yamaha MotoGP

Namun, ini justru menimbulkan kendala baru. Perjalanan untuk mengirim logistik ke Mandalika menjadi lebih panjang karena harus dimulai dari Italia, yakni sekitar 12.000 km. Dorna pun harus putar otak agar semua logistik tiba di Mandalika secepat-cepatnya pada 24 September 2024 dan selambat-lambatnya pada 25 September 2024.

Pada Selasa (17/9/2024), Motorsport.com melaporkan bahwa Direktur Operasional Dorna, Carles Jorba, sudah merancang ‘koreografi’ khusus. “Kami tidak mau mengkompromikan kesenangan publik,” ungkap pria Spanyol ini, yang kemudian menjabarkan secara detail soal tahapan yang harus dilakukan pihaknya.

Nah, bagaimana sih cara Dorna mengirim logistik dan perlengkapan MotoGP, Moto2, dan Moto3 dari Misano ke Mandalika hanya dalam tiga hari? Berikut tahapan-tahapannya seperti yang dilansir dari Motorsport.com. Simak yuk!

7 Tahap Pengiriman Logistik MotoGP dari Misano ke Mandalika

Kargo MotoGP di Circuit of The Americas, Austin, pada tahun 2016. (c) Dorna Sports, YouTube/MotoGP

1) Tim-tim MotoGP, Moto2, dan Moto3 wajib mulai mengepak perlengkapan mereka ke dalam kotak kargo pada Minggu (22/9/2024) pukul 12.50 waktu setempat, tepat sepuluh menit sebelum start balapan utama MotoGP.

2) Pada pukul 14.30 waktu setempat, sekitar 45 menit setelah balapan utama MotoGP selesai, fans yang berpartisipasi dalam sesi invasi trek dievakuasi untuk memastikan area Sirkuit Misano steril.

3) Kotak-kotak kargo tim MotoGP, Moto2, dan Moto3 lalu dimasukkan ke dalam truk dalam waktu satu jam. Setelahnya, truk-truk ini menempuh perjalanan darat selama enam jam ke Bandara Malpensa, Milan, Italia.

Sebelumnya Pakai Boeing 747, Kini Pakai Boeing 777

4) Setibanya di Bandara Malpensa, semua kargo diinspeksi pihak otoritas bandara sebelum dimasukkan sesuai bentuk ke dalam lima pesawat Boeing 777. Proses ini butuh waktu selama enam jam. Tahun-tahun sebelumnya, Dorna menggunakan empat pesawat Boeing 747 dan butuh 12 jam untuk memasukkan kargo ke pesawat.

5) Pesawat pertama dijadwalkan lepas landas dari Bandara Malpensa pada Senin (23/9/2024) pukul 13.00 waktu setempat menuju Doha, Qatar, sebelum kemudian dikirim ke Lombok. Pesawat ini dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Lombok pada Selasa (24/9/2024) pukul 11.15 WITA.

Kapan Logistik Tiba di Sirkuit Mandalika?

6) Pesawat kelima alias terakhir, dijadwalkan lepas landas dari Bandara Malpensa pada Selasa (24/9/2024) pukul 17.00 waktu setempat menuju Doha, sebelum kemudian dikirim ke Lombok. Pesawat ini dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Lombok pada Rabu (25/9/2024) pukul 15.00 WITA.

7) Setibanya di Bandara Internasional Lombok, semua kargo diturunkan dari pesawat, dipindahkan ke truk-truk yang lebih kecil dan dibawa ke Sirkuit Mandalika dengan perjalanan darat.

Nah, itu dia tahap-tahap pengiriman logistik dan perlengkapan MotoGP, Moto2, dan Moto3 dari Misano ke Mandalika. Semoga Grand Prix Indonesia 2024 berjalan lancar ya, Bolaneters!

Sumber: Motorsportcom

HOT PROMO SUKMABOLA :

– BONUS HARIAN SLOT GAMES 10% (MAX 100)
– BONUS HARIAN SPORTBOOK 10% (MAX 100)
– BONUS REBATE SABUNG AYAM 0.3%
– BONUS REBATE SLOT 0.5%
– BONUS REBATE LIVE CASINO 0.7%
– BONUS CASHBACK SPORTBOOK 5%
– BONUS REFFERAL 0.3%
LINK : https://www.abercrombie-andfitch.org.uk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola