SUKMABOLA – Baru beberapa waktu lalu penggemar game dan sepak bola Indonesia digemparkan dengan keberhasilan timnas menjuarai Piala Dunia Football Manager (FM). Sekarang

Awal September 2024, nama Indonesia diharumkan di ajang FIFAe World Cup Football Manager 2024 oleh Ichsan Rahmat Taufiq (manajer) dan Budi Muhamad Manar Hidayat (asisten manajer).

Indonesia berhasil menjadi juara dunia, world champions untuk turnamen World Cup FM 2024 yang diikuti oleh 20 delegasi dari 19 negara. Ini adalah turnamen pertama dan Indonesia jadi juara pertama.

Laju Ichsan-Manar pun cukup menarik. Mereka mengalahkan Jerman di final dengan hasil meyakinkan, agregat 8-2, Indonesia jadi juara dengan meyakinkan.

Football Manager dan Dunia Nyata

Menjadi juara dunia Football Manager merupakan gelar bergengsi. Game sepak bola virtual ini sudah belasan tahun digemari oleh fans bola dari seluruh dunia, dan daya tarik FM ada di akurasinya.

FM bisa membuat profil pemain dengan sangat akurat, mulai dari gaya main, posisi favorit, hingga potensi perkembangan. Karena itulah bermain FM seperti menjadi pelatih di dunia nyata, ada taktik dan strategi yang harus disiapkan.

Faktanya, sudah pernah ada pelatih sepak bola yang memulai kariernya dari FM. Dia adalah William Still yang kini jadi pelatih Lens.

Still memang sempat menempuh pendidikan pelatih usia muda. Namun, lompatan kariernya justru dimulai dari Football Manager. Dia belajar taktik dan pendekatan pemain di game tersebut, lalu menerapkannya di dunia nyata.

Ichsan Bikin Gambaran Formasi Timnas

Kesuksesan Will Still jadi bukti nyata bahwa gambaran tim atau pemain di FM tidak bisa dipandang remeh. Terbaru, Ichsan si juara dunia FM dari Indonesia pun ikut mendukung Timnas Indonesia.

Rabu 2 Oktober 2024 kemarin, Timnas Indonesia resmi mengumumkan skuad untuk menghadapi dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pekan depan, dan Ichsan ikut meramaikannya dengan membuat prediksi formasi versinya sendiri.

Yang menarik, Ichsan juga menjaga formasi 3-4-3 yang memang sudah jadi ciri khas pelatih Shin Tae-yong. Namun, dia membuat sejumlah perubahan dalam pemilihan pemain. Berikut gambarannya:

Formasi Timnas Indonesia Versi Juara Dunia FM

Melihat taktik di atas, pemilihan pemain Ichsan cukup menarik. Dia menaruh Reijnders di sayap kanan, sementara Verdonk yang biasanya bermain sebagai full-back kiri, justru digeser ke tengah, dan posisinya diisi oleh Shayne Pattynama.

Bisa dilihat bahwa Ichsan juga memilih sejumlah instruksi untuk pemain-pemain Timnas. Ketika membawa bola, dia meminta pemain lebih banyak membuat direct passing, mengumpan ke area kosong, dan lebih ekspresif.

Lalu, ketika kehilangan bola, Ichsan meminta para pemain menerapkan garis pertahanan tinggi dan membiarkan lawan membuat umpan silang, sebab timnas punya bek-bek bertubuh tinggi.

Kejelian taktik semacam ini mungkin bakal sangat membantu Timnas Indonesia di laga kontra Bahrain dan China mendatang. Menarik ya, Bolaneters!

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Berikut adalah daftar lengkap 27 pemain Timnas Indonesia untuk laga melawan Bahrain dan China:

  • Kiper: Maarten Paes, Ernando Ari, Nadeo Argawinata
  • Bek: Jordi Amat, Wahyu Prasetyo, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Calvin Verdonk, Rizky Ridho, Shayne Pattynama, Jay Idzes, Sandy Walsh, Mees Hilgers, Eliano Reijnders, Wahyu Prasetyo
  • Tengah: Ricky Kambuaya, Nathan Tjoe-A-On, Egy Maulana Vikri, Thom Haye, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan
  • Depan: Ragnar Oratmangoen, Hokky Caraka, Rafael Struick, Malik Risaldi, Dimas Drajad

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia

Berikut rekap hasil pertandingan dan jadwal Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026:

Matchday 1 – 6 September 2024
Arab Saudi 1-1 Indonesia
(Musab Aljuwayr 45+3′; Sandy Walsh 19′)

Matchday 2 – 10 September 2024
Indonesia 0-0 Australia

Matchday 3 – 10 Oktober 2024
Bahrain vs Indonesia

Matchday 4 – 15 Oktober 2024
China vs Indonesia

Matchday 5 – 15 November 2024
Indonesia vs Jepang

Matchday 6 – 19 November 2024
Indonesia vs Arab Saudi

HOT PROMO SUKMABOLA :

– BONUS HARIAN SLOT GAMES 10% (MAX 100)
– BONUS HARIAN SPORTBOOK 10% (MAX 100)
– BONUS REBATE SABUNG AYAM 0.3%
– BONUS REBATE SLOT 0.5%
– BONUS REBATE LIVE CASINO 0.7%
– BONUS CASHBACK SPORTBOOK 5%
– BONUS REFFERAL 0.3%

link https://www.abercrombie-andfitch.org.uk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola