Di Mana Mereka Sekarang? Starting XI Chelsea Saat Menjuarai Liga Champions Bersama Thomas Tuchel

Thomas Tuchel membawa Chelsea ke puncak Eropa pada musim 2020/2021. Chelsea berhasil menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Manchester City di final.

Di bawah asuhan Tuchel, Chelsea menunjukkan disiplin taktik yang kuat dan pertahanan solid. Final tersebut dimenangkan dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Kai Havertz.

Kemenangan ini adalah gelar Liga Champions kedua dalam sejarah klub. Tuchel langsung menjadi pahlawan di Stamford Bridge berkat pencapaian luar biasa tersebut.

Kini, Tuchel telah diangkat menjadi pelatih timnas Inggris setelah meninggalkan Bayern Munchen. Ia akan menangani Three Lions sampai tahun 2026.

Di bawah ini adalah Starting XI Chelsea yang menjuarai Liga Champions 2020/2021 di bawah Tuchel, serta di mana mereka berada sekarang.

Edouard Mendy adalah sosok yang tak tergantikan di bawah mistar gawang Chelsea sepanjang musim Liga Champions 2020/2021. Kiper asal Senegal ini tidak kebobolan di laga final.

Setelah penampilan gemilangnya di Liga Champions, Mendy terus menjadi andalan Chelsea hingga 2023. Namun, pada musim panas 2023, ia memutuskan hengkang ke Arab Saudi untuk bergabung dengan Al-Ahli.

Perpindahan ini menandai era baru dalam kariernya, di mana Mendy menjadi bagian dari gelombang pemain top yang pindah ke Liga Pro Saudi.

Antonio Rudiger meninggalkan Chelsea pada akhir musim 2021/2022. Bek tengah asal Jerman tersebut bergabung dengan raksasa Spanyol Real Madrid dengan status bebas transfer.

Di Santiago Bernabeu, Rudiger langsung beradaptasi dengan baik. Mantan pemain AS Roma tersebut menjadi bagian integral dari skuad Los Blancos asuhan Carlo Ancelotti.

Ridiger mengisi lini belakang dengan soliditas yang sama seperti yang ditunjukkannya di Chelsea. Ia juga memenangkan Liga Champions lainnya bersama Los Blancos.

Thiago Silva yang menjadi andalan di jantung pertahanan Chelsea termasuk di final Liga Champions. Bek asal Brasil tersebut bertahan di Stamford Bridge hingga akhir musim 2023/2024.

Selama berada di Stamford Bridge, Silva menjadi mentor bagi para pemain muda Chelsea. Kontribusinya di dalam dan luar lapangan membuatnya menjadi pemain yang dihormati di klub.

Silva meninggalkan Chelsea setelah kontraknya tidak diperpanjang. Pemain berusia 40 tahun itu kemudian kembali ke Brasil dengan bergabung Fluminense.

Cesar Azpilicueta merupakan kapten Chelsea di final Liga Champions 2021. Ia meninggalkan Stamford Bridge pada musim panas 2023 setelah lebih dari satu dekade setia di klub.

Setelah berkarier cukup lama di Inggris, Azpilicueta pindah ke Atletico Madrid. Pemain berusia 35 tahun tersebut kembali ke tanah kelahirannya di Spanyol.

Meski usianya sudah tidak muda lagi, Azpilicueta masih mendapat kesempatan bermain dari pelatih Diego Simeone pada musim ini. Ia sudah memainkan lima pertandingan di La Liga.

N’Golo Kante merupakan pemain yang sangat vital dalam kemenangan Chelsea di final Liga Champions. Gelandang asal Prancis itu tampil solid di lini tengah The Blues.

Kante pindah ke Arab Saudi pada musim panas 2023. Ia bergabung dengan Al-Ittihad dan mengikuti jejak beberapa pemain top Eropa lainnya yang memilih Liga Pro Saudi.

Meski cedera mengganggu beberapa tahun terakhirnya di Chelsea, Kante tetap dikenang sebagai salah satu gelandang terbaik dunia. Ia sempat kembali memperkuat Timnas Prancis di Euro 2024 lalu.

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola

sukmabola